๐ Fiqih dan Hadits
๐ Ustadz Farid Nu'man Hasan, SS.
๐ Hal- Hal Yang Dibolehkan Dalam Shalat (Bag.
2)
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐
4⃣ Berjalan Sedikit Karena Ada
Keperluan
Dalilnya:
ุนู ุนุงุฆุดุฉ ูุงูุช: ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูุตูู
ูู ุงูุจูุช ูุงูุจุงุจ ุนููู ู
ุบูู ูุฌุฆุช ูุงุณุชูุชุญุช ูู
ุดู ููุชุญ ูู ุซู
ุฑุฌุน ุงูู ู
ุตูุงู. ููุตูุช ุฃู
ุงูุจุงุจ ูู ุงููุจูุฉ. ุฑูุงู ุฃุญู
ุฏ ูุฃุจู ุฏุงูุฏ ูุงููุณุงุฆู ูุงูุชุฑู
ุฐู ูุญุณูู.
๐Dari ‘Aisyah, dia berkata: “Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam shalat di
rumah dan pintu di depannya tertutup, ketika saya datang saya minta dibukakan
pintu. Maka beliau berjalan dan membukakan pintu kemudian kembali shalat.
Aisyah mengatakan bahwa pintu tersebut ada di arah kiblat. (HR. Ahmad No.
24027, Abu Daud No. 922, An Nasai, At Tirmidzi No. 601, dia menghasankannya, Ad Daruquthni dalam As
Sunan, 2/8, Abu Yala No. 4406, Ibnu Hibban No. 2355. Syaikh Syuaib Al Arnauth
mengatakan: hasan. Tahqiq Musnad Ahmad No. 24027)
Tapi pembolehan ini hanya berlaku jika berjalannya
masih kearah kiblat baik depan, kanan, dan kiri, tetapi tidak berlaku ke arah
membelakangi kiblat. Semua ahli fiqih sepakat berjalan dengan jumlah langkah
yang banyak dalam shalat fardhu adalah membatalkan shalat.
Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad Al Badr Hafizhahullah
menjelaskan:
ูุฏู ุนูู ุฃู ู
ุซู ูุฐุง ุงูุนู
ู ูุง ุจุฃุณ ุจู ูู ุงูุตูุงุฉ؛ ูุฃู ุฑุณูู
ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูุนูู ููู ุงููุฏูุฉ ูุงูุฃุณูุฉ ุตููุงุช ุงููู ูุณูุงู
ู ูุจุฑูุงุชู ุนููู
๐Maka, hadits ini menunjukkan bahwasanya hal
yang semisal perbuatan ini adalah tidak apa-apa dilakukan saat shalat, karena
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melakukannya, dan
dia adalah teladan dan contoh -semoga
shalawat, salam, dan keberkahanNya tercurah kepadanya. (Syarh Sunan Abi Daud,
117. Al Misykat)
5⃣ Menggendong Anak Kecil
Dalilnya:
ุนَْู ุนَู
ْุฑِู ุจِْู
ุณَُْููู
ٍ ุงูุฒُّุฑَِِّูู ุฃََُّูู: ุณَู
ِุนَ ุฃَุจَุง َูุชَุงุฏَุฉَ َُُูููู: " ุฅَِّู ุงَّููุจَِّู
ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ ุตََّูู ูุฃُู
َุงู
َุฉُ
ุงุจَْูุฉُ ุฒََْููุจَ ุงุจَْูุฉِ ุงَّููุจِِّู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ، ََِููู ุงุจَْูุฉُ
ุฃَุจِู ุงْูุนَุงุตِ ุจِْู ุงูุฑَّุจِูุนِ ุจِْู ุนَุจْุฏِ ุงْูุนُุฒَّู ุนََูู ุฑََูุจَุชِِู، َูุฅِุฐَุง ุฑََูุนَ
َูุถَุนََูุง، َูุฅِุฐَุง َูุงู
َ ู
ِْู ุณُุฌُูุฏِِู ุฃَุฎَุฐََูุง َูุฃَุนَุงุฏََูุง ุนََูู ุฑََูุจَุชِِู
"
๐Dari Amru bin Sulaim Az Zuraqiy, bahwa dia
mendengar Abu Qatadah berkata: bahwa
Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sedang shalat sedangkan Umamah anak puteri dari Zainab
puteri Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam dan juga puteri dari Abu Al Ash bin Ar
Rabi bin Abdul Uzza - berada di pundaknya, jika Beliau ruku anak itu
diletakkan, dan jika bangun dari sujud diambil lagi dan diletakkan di atas
pundaknya. (HR. Ahmad No. 22589, An Nasai No. 827, Abdurrazzaq dalam Al
Mushannaf No. 7827, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif
Sunan An Nasai No. 827. Syaikh Syuaib Al Arnauth juga menshahihkannya
dalamTahqiq Musnad Ahmad No. 22589, dan Amru bin Sulaim mengatakan bahwa ini
terjadi ketika shalat subuh)
๐Apa Hikmahnya?
ูุงู ุงููุงููุงูู: ููุฃู ุงูุณุฑ ูู ุญู
ูู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุฃู
ุงู
ุฉ
ูู ุงูุตูุงุฉ ุฏูุนุง ูู
ุง ูุงูุช ุงูุนุฑุจ ุชุงููู ู
ู ูุฑุงูุฉ ุงูุจูุงุช ุจุงููุนู ูุฏ ูููู ุฃููู ู
ู ุงูููู.
Bernays Al
Fakihani: Rahasia dari hal ini adalah sebagai peringatan (sanggahan) bagi
bangsa Arab yang biasanya kurang menyukai anak perempuan. Maka nabi memberikan
pelajaran halus kepada mereka supaya kebiasaan itu ditinggalkan, sampai-sampai
beliau mencontohkan bagaimana mencintai anak perempuan, sampai-sampai dilakukan
di shalatnya. Dan ini lebih kuat pengaruhnya dibanding ucapan. (Fiqhus Sunah,
1/262)
Dalil lainnya:
Dari Abdullah bin Syadad, dari ayahnya, katanya:
ุฎุฑุฌ ุนูููุง ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูู ุฅุญุฏู ุตูุงุฉ ุงูุนุดู
(ุงูุธูุฑ ุฃู ุงูุนุตุฑ) ููู ุญุงู
ู (ุญุณู ุฃู ุญุณูู) ูุชูุฏู
ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ููุถุนู ุซู
ูุจุฑ ููุตูุงุฉ ูุตูู ูุณุฌุฏ ุจูู ุธูุฑู ุตูุงุชู ุณุฌุฏุฉ ุฃุทุงููุง، ูุงู: ุฅูู ุฑูุนุช ุฑุฃุณู ูุฅุฐุง ุงูุตุจู ุนูู
ุธูุฑ ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ููู ุณุงุฌุฏ ูุฑุฌุนุช ูู ุณุฌูุฏู.
ููู
ุง ูุถู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุงูุตูุงุฉ ูุงู ุงููุงุณ:
ูุง ุฑุณูู ุงููู ุฅูู ุณุฌุฏุช ุจูู ุธูุฑู ุงูุตูุงุฉ ุณุฌุฏุฉ ุฃุทูุชูุง ุญุชู ุธููุง ุฃูู ูุฏ ุญุฏุซ ุฃู
ุฑ، ุฃู ุฃูู
ููุญู ุฅููู؟ ูุงู: (ูู ุฐูู ูู
ููู، ูููู ุงุจูู ุงุฑุชุญููู ููุฑูุช ุฃู ุฃุนุฌูู ุญุชู ููุถู ุญุงุฌุชู)
๐Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam keluar
untuk shalat bersama kami untuk shalat siang (zhuhur atau ashar), dan dia
sambil menggendong (hasan atau Husein), lalu Beliau maju ke depan dan anak itu
di letakkannya kemudian bertakbir untuk shalat, maka dia shalat, lalu dia sujud
dan sujudnya itu lama sekali. Aku angkat kepalaku, kulihat anak itu berada di
atas punggung Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, dan beliau sedang sujud,
maka saya pun kembali sujud. Setelah shalat selesai, manusia berkata: Wahai
Rasulullah, tadi lama sekali Anda sujud, kami menyangka telah terjadi apa-apa,
atau barangkali wahyu turun kepadamu? Beliau bersabda: Semua itu tidak
terjadi, hanya saja cucuku ini mengendarai punggungku, dan saya tidak mau
memutuskannya dengan segera sampai dia puas. (HR. An Nasai No. 1141, dishahihkan
oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan An Nasai No. 1141)
Berkata Imam An Nawawi Rahimahullah:
َูุฐَุง َูุฏُّู ِูู
َุฐَْูุจِ ุงูุดَّุงِูุนِّู - ุฑَุญِู
َُู ุงَّููู
ุชَุนَุงَูู - َูู
َْู َูุงََُููู ุฃََُّูู َูุฌُูุฒ ุญَู
ْู ุงูุตَّุจِّู َูุงูุตَّุจَِّูุฉ َูุบَْูุฑูู
َุง
ู
ِْู ุงْูุญَََููุงู ุงูุทَّุงِูุฑ ِูู ุตََูุงุฉ ุงَْููุฑْุถ َูุตََูุงุฉ ุงَّْูููู ، ََููุฌُูุฒ ุฐََِูู
ِْููุฅِู
َุงู
ِ َูุงْูู
َุฃْู
ُูู
، َูุงْูู
َُْููุฑِุฏ ، َูุญَู
ََُูู ุฃَุตْุญَุงุจ ู
َุงِูู - ุฑَุถَِู
ุงَّููู ุนَُْูู - ุนََูู ุงَّููุงَِููุฉ ، َูู
ََูุนُูุง ุฌََูุงุฒ ุฐََِูู ِูู ุงَْููุฑِูุถَุฉ ، ََููุฐَุง
ุงูุชَّุฃِْููู َูุงุณِุฏ ، ِูุฃََّู َْูููู : َูุคُู
ّ ุงَّููุงุณ ุตَุฑِูุญ ุฃَْู َูุงูุตَّุฑِูุญِ ِูู
ุฃََُّูู َูุงَู ِูู ุงَْููุฑِูุถَุฉ ، َูุงุฏَّุนَู ุจَุนْุถ ุงْูู
َุงَِِّูููุฉ ุฃََُّูู ู
َْูุณُูุฎ
، َูุจَุนْุถูู
ْ ุฃََُّูู ุฎَุงุตّ ุจِุงَّููุจِِّู ุตََّูู ุงَّููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ ، َูุจَุนْุถูู
ْ
ุฃََُّูู َูุงَู ِูุถَุฑُูุฑَุฉٍ ، َُّููู َูุฐِِู ุงูุฏَّุนَุงِูู ุจَุงุทَِูุฉ َูู
َุฑْุฏُูุฏَุฉ ، َูุฅَُِّูู
َูุง ุฏَِููู ุนَََْูููุง ََููุง ุถَุฑُูุฑَุฉ ุฅََِْูููุง ، ุจَْู ุงْูุญَุฏِูุซ ุตَุญِูุญ ุตَุฑِูุญ ِูู
ุฌََูุงุฒ ุฐََِูู ، ََْูููุณَ ِِููู ู
َุง ُูุฎَุงِูู ََููุงุนِุฏ ุงูุดَّุฑْุน ؛ ِูุฃََّู ุงْูุขุฏَู
َِّู
ุทَุงِูุฑ ، َูู
َุง ِูู ุฌَْููู ู
ِْู ุงَّููุฌَุงุณَุฉ ู
َุนُّْูู ุนَُْูู َِِِْููููู ِูู ู
َุนِุฏَุชู
، َูุซَِูุงุจ ุงْูุฃَุทَْูุงู َูุฃَุฌْุณَุงุฏูู
ْ ุนََูู ุงูุทََّูุงุฑَุฉ ، َูุฏََูุงุฆِู ุงูุดَّุฑْุน ู
ُุชَุธَุงِูุฑَุฉ
ุนََูู َูุฐَุง . َูุงْูุฃَْูุนَุงู ِูู ุงูุตََّูุงุฉ َูุง ุชُุจْุทَِููุง ุฅِุฐَุง ََّููุชْ ุฃَْู ุชََูุฑََّูุชْ
، ََููุนََู ุงَّููุจِّู ุตََّูู ุงَّููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ - َูุฐَุง - ุจََูุงًูุง ِْููุฌََูุงุฒِ
، َูุชَْูุจًِููุง ุจِِู ุนََูู َูุฐِِู ุงََْูููุงุนِุฏ ุงَّูุชِู ุฐََูุฑْุชَูุง ، ََููุฐَุง َูุฑُุฏُّ
ู
َุง ุงِุฏَّุนَุงُู ุงْูุฅِู
َุงู
ุฃَุจُู ุณَُْููู
َุงู ุงْูุฎَุทَّุงุจُِّู ุฃََّู َูุฐَุง ุงِْููุนْู ُูุดْุจِู
ุฃَْู َُูููู ู
ِْู ุบَْูุฑ ุชَุนَู
ُّุฏ ، َูุญَู
َََููุง ِูู ุงูุตََّูุงุฉ ََِِْูููููุง َูุงَูุชْ
ุชَุชَุนََّูู ุจِِู ุตََّูู ุงَّููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ ، ََููู
ْ َูุฏَْูุนَูุง َูุฅِุฐَุง َูุงู
َ
ุจََِููุชْ ู
َุนَُู ، َูุงَู : ََููุง ُูุชَََّููู
ุฃََُّูู ุญَู
َََููุง ََููุถَุนََูุง ู
َุฑَّุฉ
ุจَุนْุฏ ุฃُุฎْุฑَู ุนَู
ْุฏًุง ؛ ِูุฃََُّูู ุนَู
َู َูุซِูุฑ ََููุดْุบَู ุงَْْูููุจ ، َูุฅِุฐَุง َูุงَูุชْ
ุงْูุฎَู
ِูุตَุฉ ุดَุบََูุชُْู ََْูููู َูุง َูุดْุบَُูู َูุฐَุง ؟ َูุฐَุง ََููุงู
ุงْูุฎَุทَّุงุจِّู
- ุฑَุญِู
َُู ุงَّููู ุชَุนَุงَูู - ََُููู ุจَุงุทِู ، َูุฏَุนَْูู ู
ُุฌَุฑَّุฏَุฉ ، َูู
ِู
َّุง َูุฑُุฏَّูุง
َْูููู ِูู ุตَุญِูุญ ู
ُุณِْูู
َูุฅِุฐَุง َูุงู
َ ุญَู
َََููุง .
ََْููููู : ( َูุฅِุฐَุง ุฑََูุนَ ู
ِْู ุงูุณُّุฌُูุฏ ุฃَุนَุงุฏََูุง
) ، ََْููููู ِูู ุฑَِูุงَูุฉ ู
ُุณِْูู
: ( ุฎَุฑَุฌَ ุนَََْูููุง ุญَุงู
ًِูุง ุฃُู
َุงู
َุฉَ َูุตََّูู
) َูุฐََูุฑَ ุงْูุญَุฏِูุซ . َูุฃَู
َّุง َูุถَِّูุฉ ุงْูุฎَู
ِูุตَุฉ َِููุฃَََّููุง ุชَุดْุบَู ุงَْْูููุจ
ุจَِูุง َูุงุฆِุฏَุฉ ، َูุญَู
ْู ุฃُู
َุงู
َุฉَ َูุง ُูุณَِّูู
ุฃََُّูู َูุดْุบَู ุงَْْูููุจ ، َูุฅِْู
ุดَุบََُูู ََููุชَุฑَุชَّุจ ุนََِْููู ََููุงุฆِุฏ ، َูุจََูุงู ََููุงุนِุฏ ู
ِู
َّุง ุฐََูุฑَْูุงُู َูุบَْูุฑู
، َูุฃُุญِّู ุฐََِูู ุงูุดَّุบْู َِููุฐِِู ุงََْูููุงุฆِุฏ ، ุจِุฎَِูุงِู ุงْูุฎَู
ِูุตَุฉ . َูุงูุตََّูุงุจ
ุงَّูุฐِู َูุง ู
َุนْุฏِู ุนَُْูู : ุฃََّู ุงْูุญَุฏِูุซ َูุงَู ِูุจََูุงِู ุงْูุฌََูุงุฒ َูุงูุชَّْูุจِูู
ุนََูู َูุฐِِู ุงََْูููุงุฆِุฏ ، ََُููู ุฌَุงุฆِุฒ ََููุง ، َูุดَุฑْุน ู
ُุณْุชَู
ِุฑّ ِْููู
ُุณِْูู
َِูู
ุฅَِูู َْููู
ุงูุฏِّูู . َูุงَُّููู ุฃَุนَْูู
.
๐“Hadits ini menjadi dalil bagi madzhab
Syafi’i dan yang sepakat dengannya, bahwa bolehnya shalat sambil menggendong
anak kecil, laki atau perempuan, begitu pula yang lainnya seperti hewan yang
suci, baik shalat fardhu atau sunah, baik jadi imam atau makmum.
Kalangan Maliki mengatakan bahwa hal itu hanya untuk
shalat sunah, tidak dalam shalat fardhu. Pendapat ini tidak bisa diterima,
sebab sangat jelas disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
memimpin orang banyak untuk menjadi imam, peristiwa ini adalah pada shalat
fardhu, apalagi jelas disebutkan itu terjadi pada shalat shubuh.
Sebagian kalangan Maliki menganggap hadits ini mansukh
(dihapus hukumnya) dan sebagian lagi mengatakan ini adalah kekhususan bagi Nabi
saja, dan sebagian lain mengatakan bahwa Beliau melakukannya karena darurat.
Semua pendapat ini tidak dapat diterima dan mesti ditolak, sebab tidak
keterangan adanya nasakh (penghapusan), khusus bai Nabi atau karena darurat,
tetapi justru tegas membolehkannya dan sama sekali tidak menyalahi aturan
syara. Bukankah Anak Adam atau manusia itu suci, dan apa yang dalam rongga
perutnya dimaafkan karena berada dalam perut besar, begiru pula mengenai
pakaiannya. Dalil-dalil syara menguatkan hal ini, karena perbuatan-perbuatan
yang dilakukan ketika itu hanya sedikit atau terputus-putus. Maka, perbuatan
Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam itu menjadi keterangan tentang bolehnya
berdasarkan norma-norma tersebut. Dalil ini juga merupakan koreksi atas apa
yang dikatakan oleh Imam Al Khathabi bahwa seakan-akan itu terjadi tanpa
sengaja, karena anak itu bergelantungan padanya, jadi bukan diangkat oleh Nabi.
Namun, bagaimana dengan keterangan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa
Sallam ketika hendak berdiri yang kedua kalinya, anak itu diambilnya pula.
Bukankah ini perbuatan sengaja dari Beliau? Apalagi terdapat keterangan dalam
Shahih Muslim: Jika Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bangkit dari
sujud, maka dinaikkannya anak itu di atas pundaknya. Kemudian keterangan Al
Khathabi bahwa memikul anak itu mengganggu kekhusyuan sebagaimana menggunakan
sajadah yang bergambar, dikemukakan jawaban bahwa memang hal itu mengganggu dan
tidak ada manfaat sama sekali. Beda halnya dengan menggendong anak yang selain
mengandung manfaat, juga sengaja dilakukan oleh Nabi untuk menyatakan
kebolehannya. Dengan demikian, jelaslah bahwa yang benar dan tidak dapat
disangkal lagi, hadits itu menyatakan hukum boleh, yang tetap berlaku bagi kaum
muslimin sampai hari kemudian. Wallahu Alam (Imam An Nawawi, Al Minhaj Syarh
Shahih Muslim, 2/307. Mawqi Ruh Al Islam)
6⃣ Memberikan Salam dan Mengajak
Berbicara Orang Shalat
Dalilnya:
ุนَْู ุฌَุงุจِุฑٍ، َูุงَู:
ุฃَุฑْุณََِููู ุฑَุณُُูู ุงِููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ ََُููู ู
ُْูุทٌَِูู ุฅَِูู
ุจَِูู ุงْูู
ُุตْุทَِِูู، َูุฃَุชَْูุชُُู ََُููู ُูุตَِّูู ุนََูู ุจَุนِูุฑِِู ، َََّูููู
ْุชُُู،
ََููุงَู ุจَِูุฏِِู ََููุฐَุง، ุซُู
َّ ََّููู
ْุชُُู، ََููุงَู ุจَِูุฏِِู ََููุฐَุง، َูุฃََูุง ุฃَุณْู
َุนُُู
َْููุฑَุฃُ، َُูููู
ِุฆُ ุจِุฑَุฃْุณِِู، ََููู
َّุง َูุฑَุบَ َูุงَู: " ู
َุง َูุนَْูุชَ ِูู ุงَّูุฐِู
ุฃَุฑْุณَْูุชَُู، َูุฅَُِّูู َูู
ْ َูู
َْูุนِْูู ุฅَِّูุง ุฃَِّูู ُْููุชُ ุฃُุตَِّูู.
๐Dari Jabir bin Abdullah katanya: “Saya diperintahkan nabi
untuk datang, saat itu beliau hendak pergi ke Bani Musthaliq. Ketika saya
datang beliau sedang shalat di atas kendaraannya. Saya pun berbicara kepadanya
dan beliau memberi isyarat dengan tangannya seperti ini. Saya berbicara lagi
dan beliau memberi isyarat dengan tangannya, sedangkan bacaan shalat beliau
terdengar oleh saya sambil beliau menganggukkan kepala. Setelah beliau selesai
shalat beliau bertanya: Bagaimana tugasmu yang saya minta untuk diselesaikan?
Sebenarnya tak ada halangan bagi saya membalas ucapanmu itu, hanya saja saya
sedang shalat.” (HR. Muslim No. 540, Ahmad No. 14345, Abu Daud No. 926, Abu ‘Awanah, 2/140, Ibnu
Khuzaimah No. 889, Ibnu Hibban No. 2518, 2519)
Dari Ibnu Umar: “Aku bertanya kepada Bilal:
ููู ูุงู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูุฑุฏ ุนูููู
ุญูู ูุงููุง ูุณูู
ูู
ูู ุงูุตูุงุฉ؟ ูุงู: ูุงู ูุดูุฑ ุจูุฏู.
๐“Bagaimana Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab
salam kepada mereka ketika beliau sedang shalat?” Bilal menjawab: “Memberikan isyarat dengan
tangannya.” (HR. Ibnu Majah No. 1017, At Tirmidzi No. 368, katanya:
hasan shahih. An Nasa’i No. 1187, Ad Darimi No. 1362, dari
Suhaib)
Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:
ููุณุชูู ูู ุฐูู ุงูุงุดุงุฑุฉ ุจุงูุงุตุจุน ุฃู ุจุงููุฏ ุฌู
ูุนูุง ุฃู ุจุงูุงูู
ุงุก
ุจุงูุฑุฃุณ ููู ุฐูู ูุงุฑุฏ ุนู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
.
๐“Dalam hal ini sama saja, baik isyarat
dengan jari, tangan atau anggukkan kepala, semua ini adalah boleh karena
memiliki dasar dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.” (Fiqhus Sunah, 1/264)
Syaikh Abul ‘Ala Muhammad bin Abdurrahman bin
Abdurrahim Al Mubarkafuri Rahimahullah mengatakan:
ََููุฌُูุฒُ ุฃَْู ََُูููู ุฃَุดَุงุฑَ ู
َุฑَّุฉً ุจِุฃُุตْุจُุนِِู َูู
َุฑَّุฉً
ุจَِูุฏِِู
๐“Maka, dibolehkan memberikan isyarat,
sekali dengan jari dan sekali dengan tangannya.” (Tuhfah Al Ahwadzi,
2/365. Cet. 2, Al Maktabah As Salafiyah, Madinah)
๐นBersambung๐น
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐น
Dipersembahkan:
www.iman-islam.com
sumber : Kajian Iman dan Islam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar